JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018

Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dan Skala Melalui Pembelajaran Kontekstual

Marna Marna (STMIK ATMA LUHUR)
Rusnawanti Rusnawanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang menghubungkan dengan kehidupan nyata. Sehingga proses pembelajaran menimbulkan siswa kurang paham. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kontekstual tentang perbandingan dan skala. Objek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 13 Pangkalpinang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi dan tes formatif. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada pembelajaran pra siklus sebelum menerapkan pembelajaran kontekstual hasil belajar siswa sangat rendah, setelah dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran, melalui pembelajaran kontekstual siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata pada siklus I 72,57 (71,43 %) terdapat 25 siswa tuntas dalam pembelajaran setelah menjalani proses perbaikan pembelajaran dari pra siklus. Pada siklus II nilai rata-rata 87,57 (100% ) terdapat 35 siswa tuntas. Penelitian ini sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...