Journal of Islamic Nursing
Vol 4 No 2 (2019): Journal Of Islamic Nursing

PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE MASA MENSTRUASI REMAJA AWAL DI PONDOK PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ KOTA MAKASSAR

Ratna sari (Unknown)
Fairus Prihatin Idris (Unknown)
Suharni A. Fachrin (Universitas Muslim Indonesia)
Andi Asrina (Universitas Muslim Indonesia)
Een Kurnaesih (Universitas Muslim Indonesia)
Arman Arman (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2019

Abstract

Pondok pesantren merupakan tempat berkumpulnya santri yang memiliki tujuan mempelajari ilmu agama. Sebagian besar populasinya adalah remaja yang hidup bersama, melaksanakan kegiatan bersama dan saling membutuhkan satu sama lain. Lingkungannya rata-rata memiliki masalah kesehatan, khususnya kesadaran mengenai kebersihan diri yang berakibat pada muncul berbagai jenis penyakit salah satunya masalah kesehatan pada alat reproduksi wanita. Faktor utamanya adalah kurangnya pengetahuan dan informasi yang tepat dalam pengelolaan kebersihan, khususnya pada santriwati yang sedang menstruasi. Pengetahuan yang kurang akan meningkatkan resiko terganggunya keseimbangan kelembaban di daerah vagina terlebih saat mentsruasi jika perempuan tidak memperhatikan kebersihan daerah vagina dengan baik akan munculah beragam keluhan yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peer education dan media vidio terhadap pengetahuan personal hygiene menstruasi pada santriwati remaja awal. Jenis penelitian ini adalah Quasii Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan Two Group Pretest-Posttest Design. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 174orang dan sampel berjumlah 63 orang pada kelompok peer education dan 63 pada kelompok vidio dengan teknik non probability sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan data tidak berdistribusi normal, uji paired t test pada data yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah peer education dan media vidio. Ada perbedaan pengetahuan (p=0,000) remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah peer education. Ada perbedaan pengetahuan (p=0,000) remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah pemberian vidio. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh peer education terhadap pengetahuan personal hygiene masa menstruasi. Dan adanya pengaruh metode vidio terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan personal hygiene masa menstruasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Nursing

Description

Journal of Islamic Nursing (JOIN) merupakan salah satu media yang digunakan untuk meregistrasi, mendesiminasi, dan mengarsipkan karya berbasis ilmu keperawatan yang terintegrasi dengan Islam yang dihasilkan oleh perawat peneliti di ...