Di era Masyarakat Ekonomi ASEN (MEA) dan revolusi industry 4.0 menuntut lulusan yang memilikiprofessional skill dan humanistic skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswaterhadap SAK berdasarkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan perilaku belajar.Data yang diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 programstudi Akuntansi Universitas Trilogi angkatan 2015 ? 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakanmetode purposive sampling dan metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM)dengan STATA versi 13 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan intelektual danperilaku belajar yang diterapkan mahasiswa Universitas Trilogi berpengaruh terhadap pemahaman SAK.Sedangkan, kecerdasan emosional mahasiswa Universitas Trilogi tidak berpengaruh terhadap pemahamanSAK. Gaya mengajar dosen dapat memoderasi pengaruh kecerdasan intelektual dan perilaku belajar padatingkat pemahaman SAK, namun gaya mengajar dosen tidak dapat memoderasi pengaruh kecerdasanemosional pada tingkat pemahaman SAK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020