Guru harus mampu mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa agar didapatkan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan kenyataan di lapangan membuktikan bahwa 66,67% dari siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran pada mata pelajaran Menggambar Obyek dengan Perangkat Lunak memiliki hasil belajar dalam kategori rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan suatu kegiatan penelitian tindakan (action research) dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran konstruktivisme. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan memiliki alokasi 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) dan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah meningkatkan perolehan belajar mata pelajaran Menggambar Obyek dengan Perangkat Lunak siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cycle Learning cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI DRBK 1 SMK Negeri 3 Buduran. Hal ini dibuktikan dengan adanya data yang menunjukkan peningkatan persentase siswa yang memiliki nilai kategori baik yang diikuti ketuntasan belajar siswa meningkat dalam setiap siklusnya, yakni pada siklus I mencapai 25,00% ketuntasan belajar 41,67%, siklus II mencapai 52,78% ketuntasan belajar 69,44%, dan siklus III meningkat menjadi 63,89% dan ketuntasan belajar 88,89%.
Copyrights © 2019