Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPA dalam pembelajaran tema 6. Panas dan Perpindahannya melalui model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual ) dengan metode Permainan pada siswa kelas V B SDN 01 Pandean. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN 01 Pandean yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 14,7 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 21,3 dengan kriteria sangat baik, (2) hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA untuk ranah pengetahuan pada siklus I nilai rata-rata 73,13 dengan ketuntasan belajar 59,38% meningkat menjadi nilai rata-rata 81,80 dengan ketuntasan belajar 90,63% pada siklus II, pada ranah keterampilan pada siklus I nilai rata-rata 74,72 dengan ketuntasan belajar 65,63meningkat menjadi rata-rata 82,34 dengan ketuntasan belajar 93,75% pada siklus II.
Copyrights © 2019