Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 4 No 3 (2019): Volume 4 No.3 Tahun 2019

Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Tema 6. Panas Dan Perpindahannya Melalui Model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual ) Dengan Metode Permainan Pada Siswa Kelas V B SDN 01 Pandean Kota Madiun

Sutrisno, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPA dalam pembelajaran tema 6. Panas dan Perpindahannya melalui model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual ) dengan metode Permainan pada siswa kelas V B SDN 01 Pandean. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V B SDN 01 Pandean yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 14,7 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 21,3 dengan kriteria sangat baik, (2) hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA untuk ranah pengetahuan pada siklus I nilai rata-rata 73,13 dengan ketuntasan belajar 59,38% meningkat menjadi nilai rata-rata 81,80 dengan ketuntasan belajar 90,63% pada siklus II, pada ranah keterampilan pada siklus I nilai rata-rata 74,72 dengan ketuntasan belajar 65,63meningkat menjadi rata-rata 82,34 dengan ketuntasan belajar 93,75% pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...