Abstrak penelitian ini bertujuan untuk: (1) Evaluasi konteks manajemen pembelajaran di MadrasahAliyah Negeri Rantauprapat; (2) Evaluasi input manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah NegeriRantauprapat; (3) Evaluasi proses manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat;(4) Evaluasi produk manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat. Penelitianini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan melalui wawancara, observasi dan studidokumen berkaitan dengan evaluasi manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapatdengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Temuan dalam penelitian ini ada 4 (empat).Pertama, evaluasi konteks manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat bahwajenis kurikulum yang digunakan di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat ini terdiri dari tiga jeniskurikulum: (1) kurikulum KTSP tahun 2006, (2) Kurikulum berbasis sains tahun 2013, dan (3) kurikulumyang disusun oleh Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat. Di mana dalam penerapannya telah melewatiproses dan analisis yang mendalam dengan memperhatikan segala bentuk kelebihan dan kekuranganyang akan ditimbulkan kemudian yang melibatkan stakeholder madrasah. Kedua, evaluasi masukanmanajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat, di mana strategi/model pembelajaranyang dikembangkan di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat adalah masih berorientasi pada tujuan,dimana pembelajaran hanya diarahkan bagaimana para siswa agar meningkat prestasi belajarnya.Meskipun sebagian guru telah bergeser menjadi proses dan pencapaian kompetensi yang ada padasetiap mata pelajaran. Ketiga, evaluasi proses manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah NegeriRantauprapat di mana secara umum media dan sumber belajar yang ada di Madrasah Aliyah NegeriRantauprapat tergolong baik. Untuk menghasilkan efektivitas pembelajaran dan meningkatkan hasilbelajar siswa secara optimal, maka penggunaan media dan sumber belajar mutlak dilakukan guru.Keempat, evaluasi produk manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat adalahbahwa guru di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat menerapkan jenis-jenis evaluasi yang menghasilkannilai akhir pembelajaran siswa yang baik dan banyaknya siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggiumum atau agama Islam baik negeri maupun swasta (PTUN/PTAIN).Kata Kunci:Evaluasi, Pembelajaran dan Madrasyah
Copyrights © 2019