Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 21 No. 2: Agustus 2019

EFEKTIVITAS INTERVENSI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MARAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Rahayu, Kurniawati Budi (Unknown)
Widyana, Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk menurunkan perilaku marah pada anak Sekolah Dasar. Hipotesis yang diajukan pada panelitian ini adalah ada perbedaan frekuensi perilaku marah pada anak usia Sekolah Dasar sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan menggunakan Cognitive Behavior Therapy (CBT), Perilaku marah setelah perlakuan menggunakan CBT menurun. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single case study berupa pengaruh intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT). Metode analisis yang digunakan adalah analisis visual inspection; analisis kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan marah subjek; serta analisis kuantitatif menggunakan analisis non parametric (Wilcoxon). Hasil uji hipotesis pada penelitian ini pada subjek D sebesar Z= -2,207 dengan nilai p= 0,027 < 0,050, dan pada subjek A diperoleh besaran Z= -2,201 dengan nilai p= 0,028 < 0,050. Berdasarkan anaalisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan frekuensi perilaku marah pada subjek sebelum dan sesudah memperoleh intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT). Intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT) efektif untuk menurunkan frekuensi perilaku marah pada anak usia Sekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

psikologi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun. ...