Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

Laili, Ismi (Unknown)
., Ganefri (Unknown)
., Usmeldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk menghasilkan e-modul Project Based Learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk peserta didik SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Temuan penelitian ini yaitu penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul project based learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. E-modul yang dikembangkan sudah efektif dilihat berdasarkan hasil belajar kognitif dan psikomotor peserta didik. Berdasarkan perbedaan hasil pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah efektif. Implikasi dari penelitian ini yaitu agar e-modul dapat dikembangkan pada materi dan mata pelajaran lain hendaknya dilakukan pelatihan terhadap guru-guru tentang bagaimana membuat dan menggunakan e-modul yang mampu menarik minat peserta didik untuk belajar dan memberi nilai positif terhadap penggunaan smartphone. Kata kunci: Efektivitas, E-modul, Pengembangan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...