Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2019): Maret 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA GRAHA

Sutiari, Ni Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tata graha melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas XI  Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas XI  Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Sedangkan objeknya adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran tata graha pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 40% meningkat menjadi 72% pada siklus II, dan 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tata graha sesuai dengan hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata 75,80% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar siswa, prestasi belajar, TAI (Team Assisted Individualization).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...