Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

PENINGKATAN MATEMATIKA AWAL DENGAN CARA BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK A1

Arini, Ni Made Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan konsep matematika awal (permulaan) terhadap siswa Kelompok A1 Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan sebanyak 17 orang. Kemampuan matematika awal (kognitif) siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan mengalami peningkatan dengan penerapan metode bermain, khususnya dengan permainan congklak. Pada siklus I sebaran nilai kemampuan matematika awal anak yang dinyatakan tuntas 70,05%dan tidak tuntas 29,42%, dengan skor rata-rata sebesar 73,45 dengan daya serap anak (DSA) 73,45%, standar deviasi sebesar 5,68. Pada siklus II sebaran nilai hasil observasi kemampuan matematika awal anak, yang dinyatakan tuntas 94,12% dan tidak tuntas 5,88% dengan  nilai rata-rata sebesar 82.00 dengan daya serap anak (DSA) 82.00%, standar deviasi sebesar 5.95. Kata kunci: Matematika, Taman Kanak-Kanak, Permainan, Bermain

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...