Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

PRINSIP KERJA SAMA DALAM NOVEL MAGENING KARYA WAYAN JENGKI SUNARTA

Lestari, Ni Wayan Pasek (Unknown)
Sudiana, I Nym (Unknown)
Artika, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk prinsip kerja sama yang terdapat dalam percakapan pada sebuah novel Magening Karya Wayan Jengki Sunarta. Masalah yang diidentifikasi pada penelitian ini yakni (1) Prinsip kerja sama yang terjadi di dalam dialog pada novel Magening karya Wayan Jengki Sunarta, dan (2) Pelanggaran maksim-maksim dalam prinsip kerja sama di dalam dialog pada novel Magening karya Wayan Jengki Sunarta. Landasan teori yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 1) pragmatik 2) prinsip kerja sama 3) novel. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  karena data yang dikumpulkan berupa uraian kata-kata mengenai prinsip kerja sama dalam novel Magening karya Wayan Jengki Sunarta. Dokumentasi merupakan metode utama dalam penelitian ini karena peneliti memperoleh data dengan mencatat bagian-bagian novel yang menunjukkan adanya maksim-maksim dalam prinsip kerja sama. Instrumen yang digunakan dalam metode dokumentasi adalah kartu data. Berdasarkan hasil analisis di atas, dalam novel novel Magening Karya Wayan Jengki Sunarta ditemukan semua bentuk maksim prinsip kerja sama dengan rincian 76 tuturan yang mengandung prinsip kerja sama, yang meliputi 6 bentuk kerja sama pada maksim pelaksanaan, 21 bentuk kerja sama pada maksim kualitas, 37 bentuk kerja sama pada maksim relevansi, dan 12 bentuk kerja sama pada maksim kuantitas. Sedangkan pelanggaran bentuk PKS dalam novel Magening ditemukan 35 tuturan yang melanggar maksim PKS. Dengan rincian 6 bentuk tuturan pelanggaran pada maksim pelaksanaan, 5 bentuk tuturan pelanggaran pada maksim kualitas, 6 bentuk tuturan pelangaran pada maksim relevansi, dan 9 bentuk tuturan pada maksim kuantitas. Kata kunci: pragmatik, novel, prinsip kerja sama

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...