Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek 26 orang guru di SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK melalui pembimbingan, dilaksanakan dengan inovasi menggabungkan metode workshop dan mentoring (shoping). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data nilai kompetensi guru dikumpulkan dengan lembar observasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi guru dari nilai rata-rata 53,4 dengan ketuntasan 42,3 % pada siklus awal menjadi nilai rata-rata 65,5 pada siklus I dengan kenaikan 12,1 atau 18,5% dan ketuntasan 76,9%. Pada siklus II rata-rata nilai kompetensi guru naik 9,3 atau 12,4% menjadi 74,8 dengan ketuntasan 88,5%. Tanggapan guru berdasarkan kriteria yang ditetapkan terhadap pembimbingan dengan metode workshop dan mentoring yang dsebarkan melalui angket adalah sangat positif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 2 Sukasada dapat dinyatakan meningkat melalui pembimbingan dengan metode workshop dan mentoring (shoping)
Copyrights © 2019