Journal of Education Technology
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PROSES MENGOMUNIKASIKAN DALAM MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Artawan, I Putu (Unknown)
Arini, Ni Wayan (Unknown)
Parmiti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun  pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan  non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sekolah yang dijadikan sampel yaitu kelas IV SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Pemaron sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar bahasa Indonesia dikumpulkan dengan metode tes berupa tes objektif dan tes uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskritif dan uji-t. Berdasarkan analissi data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung = 2,42 lebih besar dari ttabel  = 2,006dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik  proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Di samping itu, didapatkan pula bahwa mean kelompok ekperimen adalah 29 dan mean kelompok kontrol adalah 26,29. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token berpengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...