Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 3, No 2 (2019): JURNAL LITERASI OKTOBER 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LALOLAE DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NESTED BERBASIS BERPIKIR KRITIS

Darminton Mondolalo (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa  pada kemampuan menulis teks anekdot di kelas X SMA Negeri 1 LaLolae. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diputuskan oleh sekolah. Maka peneliti dan guru kelas memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model nested berbasis berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, RPP, dan dokumentasi. Faktor yang diselidiki adalah faktor siswa, faktor guru, dan faktor pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses dan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA 1 Lalolae menggunakan model nested berbasis berpikir kritis meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...