Journal of Education Technology
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH VCT BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN

Diana Sari, Ni Luh Sintya (Unknown)
Sudana, Dewa Nyoman (Unknown)
Parmiti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas implementasi Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana efektif pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III, (2) perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas III. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian non equivalent post-test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III SD gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 143 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas III SD Negeri 2 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas III SD Negeri 2 Pemaron sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 23 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes pilihan ganda. Data dianalisis  menggunakan uji t-Brunning dan Anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III dengan hasil 4,19, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas III dengan Fhitung= 402,47 > Ftabel= 4,08. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...