International Journal of Elementary Education
Vol 3, No 3 (2019)

Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Panteru (Papan Tempel Seru) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1

Aulia, Nahdiana Rizqi (Unknown)
Suneki, Sri (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai kognitif siswa pada pembelajaran Tema 6 Subtema 1 tentang cita-citaku, aku dan cita-citaku, hal tesebut di buktikan dengan kurang efektifnya pembelajaran sebelumnya oleh peserta didik. Hasil Pretest menunjukkan bahwa presentase klasikal pretest 70% sedangkan pada presentase klasikal posttest 100%. Serta berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel  8,063>1,753. Kesimpulan bahwa Penerapan model Make A Match Berbantu Media Panteru Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SDN Pujut 01 Batang. Hasil rata-rata nilai Pretest menunjukkan bahwa dari 16 peserta didik hanya 5 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM diatas 70, dan 11 peserta didik dinyatakan tidak lulus KKM di bawah 70. Setelh diberikan perlakuan peserta didik mendapat nilai di atas KKM 70, dan dari hasil posttest dari 16 peserta didik ada 14 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM yang mendapatkan nilai tuntas diatas KKM 70. Dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar peserta didik secara keseluruhan mencapai presentase belajar klasikal lebih dari 70% yaitu 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah agar Model Make A Match berbantu media Panteru dapat digunakan sebagai satu alternatif guru dalam mengajar.Kata Kunci: Model Make A Match , media Panteru, dan hasil belajar kognitif. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...