International Journal of Elementary Education
Vol 3, No 3 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA

Suryantari, Ni Made Ayu (Unknown)
Pudjawan, Ketut (Unknown)
Wibawa, I Made Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalenpost-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 155 orang.Sampel penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 3 Penglatan yang berjumlah 23 orang dan siswa kelas V SD N 3 Alasangker yang berjumlah 20 orang.Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode non tes menggunakan instrumen kuisioner sikap ilmiah dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes menggunakan tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan, dianalisis menggunakan statistis deskriptif dan Manova.Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antarasiswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional (Fhitung=25,88>Ftabel=4,08), (2) terdapat perbedaanyang signifikan hasil belajar IPA antarasiswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional(Fhitung =15,16> Ftabel = 4,08), dan (3) secara bersama-sama,terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional(F=15,111; p<0,05). Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...