Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Pendekatan Starter Eksperimen Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Risnawati, N K Ayu (Unknown)
Antari, N K Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan  teknik statistik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan  rata-rata nilai post-test kelompok dengan pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa lebih tinggi dari kelompok dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai thit > dari ttab sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Starter Eksperimen berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Kata Kunci: Pendekatan Starter Eksperimen, Lembar Kerja Siswa, hasil belajar IPA. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...