Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SD Negeri 4 Kayuputih Melaka sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SD Negeri 2 Kayuputih Melaka sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Copyrights © 2019