Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus VII Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa 134 orang. Sampel penelitian adalah kelas IV SD N 4 Sayan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang dan siswa kelas IV SD N 5 Sayan sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data analisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan thitung = 4,014 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 32+31-2=61 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung= 4,014>ttabel=2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018.
Copyrights © 2019