Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen dengan jenis satu kelompok preetes-posttes. Pada desain penelitian ini, kelas diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal, selanjutnya kelas diberi perlakuan dengan menggunakan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi ?TPS?.  Selanjutnya diberi posttest setelah diberi perlakuan. selanjutnya untuk mengetahui motivasi belajar siswa meningkat diberikan angket siswa. Bardasarkan hasil perhitungan Rata-rata nilai hasil belajar Pretest adalah 64,49 dengan 8 siswa dinyatakan tuntas dan 12 siswa dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberikan perlakuan dengan metode Diskusi Kelas dengan Strategi ?TPS? rata-rata hasil belajar nilai rata-rata posttest adalah 77,12 dengan 15 Siswa yang dinyatakan tuntas dan 6 siswa dinyatakan tidak tuntas. Untuk presentasi kenaikan hasil belajar adalah 12,63 %, dan Rata-rata nilai hasil angket motivasi sebelum diterapkannya Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi ?TPS? (Preetest ) adalah 63,18 dan setelah diberi perlakuan dengan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi ?TPS?(posttest) adalah 77,11. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di pertemuan dengan menerapakan Metode Diskusi Kelas Dengan Strategi ?TPS? efektif  terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Mangunrejo 1 Demak.Kata Kunci: Diskusi kelas, ?TPS? (Think-Pair-Share), Motivasi Belajar Siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019