Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbantuan satua Bali terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan bentuk Non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 492 siswa. Kedua kelompok dipilih dengan teknik random sampling. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara undian sehingga diperoleh siswa kelas III C SD Negeri 1 Ubung sebanyak 38 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III A SD Negeri 6 Ubung sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi sikap sosial siswa diperoleh melalui instrumen berupa kuesioner berjumlah 30 butir yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 4,024 > ttabel 2,000 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 69, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi sikap sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL berbantuan satua Bali memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi sikap sosial siswa kelas III SDN Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: kompetensi sikap sosial, pendekatan CTL, satua Bali
Copyrights © 2019