ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2019)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining bagi Siswa Kelas VI

Yatimah, Yatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi KPK melalui dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017dengan jumlah siswa 14 terdiri dari 5 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 13, dari kondisi awal 65 menjadi 78 pada kondisi akhir; (2) hasil belajar siswa meningkat sebesar 19, dari kondisi awal 61 menjadi 80 pada kondisi akhir.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...