Tujuan penelitian ini adalah untuk aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku dengan model pembelajaran course review horay bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester I Tahun Pelajaran 2017/2018dengan jumlah siswa 15 terdiri dari 7 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran course review horay. Hasil penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sebagai indikasinya: (1) Aktivitas belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal aktivitas belajar 69, siklus I meningkat menjadi 74 dan siklus II mencapai 78. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 9; (2) Hasil belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal hasil belajar 69, siklus I meningkat menjadi 72 dan siklus II mencapai 88. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 20.
Copyrights © 2019