Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
Vol 3, No 1 (2014)

Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali

Mariyantoni, I Kadek Yostab (Unknown)
Crisnapati, Padma Nyoman (Unknown)
Darmawiguna, I Gede Mahendra (Unknown)
Kesiman, Made Windu Antara (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2014

Abstract

Gamelan Bali semakin ditinggalkan oleh remaja, salah satu faktor penyebabnya adalah perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi dengan cara mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari dan memperkenalkan perangkat gamelan Bali dengan lebih interaktif dan menarik.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan,  untuk mengembangkan aplikasi Augmented RealityBookpengenalan perangkat gamelan Bali, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library vuforia yang mampu memainkan suara dan menampilkan objek 3 dimensi perangkat gamelan Bali ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan buku dan smartphone android.Hasil akhirnya berupa buku yang berisikan informasi dan gambar terkait gamelan Bali (khusus gong kebyar) yang difungsikan sebagai penanda dan juga aplikasi Augmented Reality Bookberbasis android yang mampu menampilkan objek perangkat gamelangong kebyar dalam bentuk 3 dimensi tepat di atas marker lengkap dengan suara dari perangkat gamelan dan suara narasi penjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya bangsa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

janapati

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas ...