Penelitian ini difokuskan pada permasalahan perangkat pembelajaran matematika yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan pemahaman materi pelajaran dan permasalahan kondisi siswa dari segi motivasi terhadap pembelajaran matematika yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah pada materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan X Koto Singkarak. Oleh karena itu, dikembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Quantum Teaching and Learning (QTL) untuk siswa berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) di kelas V Sekolah Dasar Kecamatan X Koto Singkarak yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tesmer yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakter siswa terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan RPP dan LKS berbasis Quantum Teaching and Learning (QTL), kemudian dilakukan evaluasi sendiri. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas guru, angket praktikalitas peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar peserta didik berupa tes akhir untuk hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan telah valid dan praktis. Hasil belajar peserta didik tergolong efektif berdasarkan nilai KKM.
Copyrights © 2019