Idrak: Journal of Islamic Education
Vol 1, No 02 (2019)

KARAKTERISTIK PENDIDIK MENURUT QS. MARYAM: 12-15

Toguan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Berdasarkan QS. Maryam: 12-15, penelitian ini bermaksud menjelaskan bagaimana seharusnya karakteristik seorang pendidik. Dengan telaah pustaka yang dilakukan, ditemukan bahwa karakteristik pendidik dalam ayat yang dimaksud berbasis sosok Nabi Yahya. Penerjemahannya adalah (1) seorang guru harus mendedikasikan hidupnya untuk ilmu. (2) guru harus berintegritas, yaitu sesuai antara keilmuannya dan pelaksanaan keilmuan itu sendiri dalam kesehari-hariannya. (3) guru harus lemah lembut dan berkasih sayang. (4) guru harus suci dari pelanggaran-pelanggaran norma yang melekat dalam keguruannya. (5) guru, dalam hubungannya dengan Allah, harus memiliki karakteristik taqwa. (6) guru, dalam hubungannya dengan pendidiknya terdahulu, tidak boleh lupa dan semestinya berbakti sebagaimana ia berbakti kepada kedua orang tuanya, (7) guru, dengan rekan sejawatnya, harus memiliki karakteristik yang tidak sombong dan durhaka. (8) guru, secara umum, harus memiliki karakteristik yang selamat dalam kehidupannya dan menyelamatkan para peserta didiknya. Dengan delapan karakteristik tersebut, terlihat bahwa ada relevansi yang kuat dengan Kode Etik Guru Indonesia. Relevansinya mencakup segala hubungan guru, baik dengan peserta didik, orangtua/wali murid, masyarakat, sekolah dan rekan sejawat, profesi, organisasi profesinya, dan pemerintah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

idrak

Publisher

Subject

Education

Description

Idrak: Journal of Islamic Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan, sejak 01 Desember 2018. Jurnal ini mengkaji ilmu-ilmu yang terkait dengan Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren. Jurnal ini bertujuan sebagai media ...