Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol 4, No 1 (2019): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

ANALISIS KETERAMPILAN BERIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN SAKO DAN ALANG-ALANG LEBAR

Kurniyasari, Heni (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Hidayat, Saleh (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Harfian, Binar Azwar Anas (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa SMA di Kecamatan Sako dan Kecamatan Alang-alang Lebar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan nontes dan tes. Analisis data menggunakan Ms. Excel dengan menghitung persentase tingkat penguasaan. Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Sako terkategori rendah dengan persentase sebesar 38,99% dan Kecamatan Alang-alang Lebar terkategori sedang dengan persentase 52,99%. Indikator yang terkategori rendah di Kecamatan Sako adalah menganalisis 40,09%, mengevaluasi 25,82%, dan menjelaskan 34,97%. Indikator tertinggi adalah pengaturan diri 53,27%. Di Kecamatan Alang-alang Lebar indikator dengan persentase terendah adalah mengevaluasi 43,52% dan tertinggi adalah pengaturan diri 59,03%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan ...