VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 10, No 2 (2019): NOPEMBER

PENINGKATAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Rohani Rohani (Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak)
Muhammad Anwar Rube’i (Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  keterampilan intelektual melalui penerapan model project citizen pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II program Studi PPKn IKIP-PGRI Pontianak dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan model pembelajaran project citizen yang dilakukan peneliti seperti membuat peta kajian materi, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, instrumen penelitian, angket dan dokumentasi. Penerapan langkah-langkah model project citizen seperti, mengidentifikasi masalah, memilih masalah yang ingin dibahas di kelas, mahasiswa mengumpulkan informasi, mengembangkan portofolio, dan menyajikan portofolio. penerapan model project citizen dapat meningkatkan keterampilan intektual hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data keterampilan intektual  siklus I  mencapai 69% , siklus II mencapai 74 % dan siklus III mencapai 85 % .Kata Kunci: keterampilan intektual, project citizen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...