DHARMASMRTI: Jurnal Pascasarjana UNHI
Vol 19 No 2 (2019): Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan

OPTIMALISASI PELAKSANAAN METODE CONTOH KASUS DAN DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

Anak Agung Sagung Diah Yuliardayani (SMP Negeri 6 Denpasar)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Denpasar di Kelas VIII yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran Agama Hindu masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dimana pada awalnya nilai rata-rata siswa adalah 69,87 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 76,45 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,71. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Denpasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dharmasmrti

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan (Dharmasmrti) Diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia Denpasar sebagai media informasi dan pengembangan Ilmu Agama dan Kebudayaan Hindu, terbit dua kali setahun yaitu setiap bulan April dan ...