Kurangnya komunikasi dan interaksi siswa selama proses pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian adalah eksperiman dengan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3Sungai Penuh semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelasXI IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang siswa dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang siswa.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pada taraf kepercayaan 0,05. Dari perhitungan diperoleh thitung = 2,83 dan ttabel = 1,679 berarti t hitung > ttabel. Hal ini bererti H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dikelas XI IPA SMA Negeri 3 Sungai PenuhTahun Pelajaran 2015 / 2016Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ,Kemampuan Kognitif
Copyrights © 2018