Kondisi obyektif menujukan bahwa paling tidak ada 385 jenis pelayanan publik yang diberikan aparatur kepada masyarakat. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengembangan kompetensi aparatur pemerintah desa untuk memiliki kompetensi dalam memberikan pelayanan publik adalah melalui pengembangan kompetensi aparatur pemerintah desa yang berlandaskan, berdasarkan, dan berpedoman pada pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan kompetensi aparatur desa sehingga memiliki kompetensi, kualifikasi dan kinerja ideal untuk melakukan suatu pekerjaan pada jabatan tertentu. Metode penelitian yang dilakukan penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diharapkan adalah sebuah dokumen analisis kebutuhan pelatihan aparatur pemerintah desa yang disesuaikan dengan kondisi terbaru organisasi dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. kompetensi ASN yang dibutuhkan saat ini bukan hanya yang piawai dalam hal teknis, tetapi yang juga memiliki kompetensi soft skill yakni kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, kreatif, manajemen manusia. Selanjutnya kemampuan berkoordinasi, kecerdasan emosional, penilaian dan membuat keputusan, orientasi pelayanan, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.
Copyrights © 2019