Ruhama : Islamic Education Journal
Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019

AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA PADANG

Zulfarno Zulfarno (Unknown)
Mursal Mursal (Unknown)
Riki Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini ialah bahwa pemahaman guru al-Islam dan Kemuhammadiyahan tentang integrasi pendidikan karakter dengan pembelajaran AIK belum merata, sehingga keberadaan pendidikan karakter dalam kurikulum AIK yang sebenarnya sudah ada sejak lama belum terimplementasikan secara merata oleh guru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif dengan teknik pencermatan keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwap elaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang ialah dalam pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan guru menggunakan strategi, metode, serta media yang turut mendukung pembinaan karakter, selain itu setiap awal pelajaran guru memulai dengan menyanyikan Indonesia Raya serta membaca al-Quran. Kata kunci: aktualisasi, pendidikan karakter, AIK

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ruhama

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ruhama : Islamic Education Journal PROGRAM PASCASARJANA UMSB, ISSN : 2615-2304, ESSN :2654-8437 merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Program Pascasarjana ...