MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 5, No 1 (2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Azrina Purba (STKIP Al-Maksum Stabat)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual di kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen Apipsu Medan pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen Apipsu Medan dan sampelnya dipilih dengan menggunakan simple random sampling yaitu kelas XIAP-2 (kelas eksperimen) dan kelas XIAP-1 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes dilaksanakan dua kali yakni pada awal pembelajaran sebelum mendapat perlakuan (pretest) dan setelah mendapat perlakuan pada akhir pembelajaran (posttest). Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual secara signifikan. Peningkatan dilihat dari hasil analisis skor n-gain, diperoleh bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen berada dalam kategori sedang (0,687) dan rata-rata n-gain kelas kontrol berada dalam kategori sedang namun lebih rendah dari kelas eksperimen (0,617). Hasil diatas menandakan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Kontekstual

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...