JURNAL MANAJEMEN
Vol 4, No 2 (2019): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)

ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN STRATEGI BISNIS ( STUDY KASUS PADA UD. GUDANG BUDI, KEC. LAMONGAN)

Danu Kusbandono (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

UD. Gudang Budi merupakan unit bisnis yang bergerak dibidang percetakan yang bertempat di area kecamatan dalam kota Lamongan dimana system kerjanya melakukan FIFO( First in First Out) dan juga realtime pembuatan desain dimana konsumen bisa langsung mengawasi pembuatan desain yang di inginkan. Dalam pelaksanaan strateginya UD. Gudang Budi bisa dikatakan belum membuahkan hasil yang maksimal dikarenakan belum memiliki backup alat cetak sehingga order dari konsumen yang masuk dalam antrian semakin menumpuk dan juga cabang baru untuk memposisikan diri sebagai puncak kepemimpinan. Dengan adanya permasalahan dalam UD. Gudang Budi, maka penelitian berinisiatif ini menggunakan analisis SWOT sebagai teknik dasar untuk melihat faktor internal dan eksternal yang mempunyai tujuan untuk menentukan strategi pemasaran, sehingga diharapkan  memperoleh keuntungan yang maksimal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang bisa digunakan UD. Gudang Budi  adalah strategi agresif yakni dengan menambah unit alat cetak sehingga berpengaruh menurunkan antrian permintaan desain grafis konsumen, menambah pendingin ruangan pada area operator desain grafis supaya konsumen merasa nyaman, mendirikan cabang baru di area dengan populasi tinggi dimana ada banyak sekali instansi yang berdiri. Kata kunci: Analisis SWOT, EFAS, IFAS, Strategi Pemasan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpim

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

MANAJEMEN mencakup: 1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Strategic 3. Manajemen Sumber Daya Manusia 4. Manajemen Produksi 5. Manajemen Keuangan ...