Jurnal PGSD
Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Efektifitas Model Self Regulated Learning Berbantuan E-Modul Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

Hanikah Hanikah (FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa, dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap model Pembelajaran Self Regulated Learning berbantuan E-Modul di kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Single-One Group Pretest-Posttest Design) dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, dan lembar angket. Efektivitas dianalisis menggunakan n-gain dan uji T. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 4 tahun ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Cirebon yang berjumlah sebanyak 75 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 24. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil angket saat pretes rata-rata kemandirian belajar mahasiswa 46,83 sedangkan nilai postes rata-rata hasil angket kemandirian belajar mahasiswa 53,63. besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,724 dan dijelaskan hasil R Square atau koefisien determinan (R2) sebesar 0,524 atau 52,4 yang artinya bahwa pengaruh model Self Regulated Learning berbantuan E-Modul terhadap kemandirian belajar mahasiswa sebesar 52,4% dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dengan kata lain Ha diterima, artinya terdapat model Self Regulated Learning berbantuan E-Modul terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Kata Kunci: Self Regulated Learning, E-Modul, kemandirian belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Ilmiah tentang Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah ...