Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Dan Penilaian Pembelajaran Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik

Latifah Hanum (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran peserta didik melalui supervisi akademik. Subjek penelitian adalah 20 orang guru SMP Negeri 5 Tambun Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan instrumen kompetensi guru dalam penilaian pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian dari instrumen yang mengukur kompetensi guru, yaitu penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 90,00 masuk dalam kategori Baik dengan prosentase keberhasilan mencapai 100,00% dan penilaian kemampuan guru terhadap penilaian pembelajaran peserta didik diperoleh nilai rata-rata 92,50 prosentase keberhasilan mencapai 100,00%. Kata Kunci: Kompetensi, pembelajaran, supervisi akademik 

Copyrights © 2019