Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHAN SOSIAL

drnurdin drnurdin (Unknown)
Munzir Munzir (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 3 Tambun  selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga kesiapan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah lingkungan belajar dan kesiapan belajar mempunyai hubungan yangkuat terhadap prestasi belajar  ilmu pengetahuan sosial.

Copyrights © 2019