Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas E-writing dengan menggunakan WhatsApp terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam menulis teks eksposisi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental). Populasinya adalah seluruh mahasiswa semester 4 Prodi Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh Ciamis Jawa Barat. Sedangkan sampel ditentukan secara purposive yaitu sebanyak 40 orang terdiri dari 20 orang kelompok eksperimental dan 20 orang kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan melalui instrument tes dalam bentuk promt writing, kemudian hasil pre-test dan post-test (teks eksposisi), yang dikirim melalui e-mail (khusus untuk kelompok eksperimen), dinilai dengan HCTR (Holistic Critical Thinking Rubric) Facione & Facione (2011). Selanjutnya, baik hasil pre-test dan post-test kemudian diolah dengan bantuan SPSS 23 dan tekhnik statistik menggunakan Uji Man Whitney karena data penelitian tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menjadi bukti bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat karena adanya penggunaan E-writing dalam menulis teks eksposisi. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya mengkaji topik yang sama namun dari sudut pandang dan metode yang berbeda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019