Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Ganesa Satria Depok

IIS DEWI LESTARI (universitas indraprasta pgri)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

AbstractClinical supervision were really needed by the teachers to increase their job performance of education profesionalism. The principal can develop their teachers by clinical supervision about manage the teaching process. Clinical supervison may be divided by some activities, there are meeting the teacher, observation, evaluation and analysis. . The method of this research is descriptive qualitative . Data was collected by in the interview, observation, and literatue study. Data analysis was performed by data reduction, data presentation and conclusion on verifications. The results of this research are 1) implementation clinical supervision applied step by step of principal Ganesa Satria junior high school to develop the teachers increase their job performance on learning process, 2) The principal by cinical supervision can increase job performance of teachers, 3) The principal as a implementer must be understand and have best some strategics to get better  changes for teachers.  Keywords: clinical supervision, job performance, teacher AbstrakSupervisi klinis sangat dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan kinerja guru yang profesional. Melalui supervisi klinis, kepala sekolah dapat melakukan pembinaan kinerja guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah di SMP Ganesa Satria dapat dilakukan menjadi beberapa kegiatan antara lain pertemuan, observasi, evaluasi dan analisis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini antara lain 1)Implementasi supervisi klinis diterapkan dengan bertahap oleh kepala sekolah di SMP Ganesa Satria sebagai upaya pembinaan bagi guru-guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pengajaran, 2) Kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis mampu meningkatkan kinerja guru lebih baik, 3) Kepala sekolah sebagai pelaksana dari supervisi klinis harus paham dan memiliki strategi yang mampu memberikan perubahan bagi guru. Kata Kunci: Supervisi klinis, kinerja, guru  

Copyrights © 2019