Status gizi adalah ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau perwujudannutrisi dalam bentuk variabel tertentu. Empat kategori Status gizi anak yaitu gizi buruk, gizi sedang, gizibaik dan gizi lebih. Status gizi anak berpengaruh pada setiap tahapan perkembangan anak.Empat sektorkemampuan perkembangan anak yaitu motorik halus, motorik kasar, bahasa dan personal sosial.Kemampuan perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor herediter dan faktor lingkungan termasukdiantaranya status gizi dan usia gestasi anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dan usia gestasi terhadapkemampuan motorik halus, motorik kasar, bahasa dan personal sosial anak usia 4 sampai 6 tahun di TKNegeri Pembina, Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang.Metode penelitian adalah analitik korelasi dengan rancangan cross sectional study. Alat yang digunakandalam pengumpulan data adalah kuisioner, timbangan BB, alat ukur TB dan kuesioner Denver II.Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4 ? 6 tahun yang merupakan murid-murid di TK NegeriPembina, Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Sampel diambil dengan tehnik total sampling sebanyak83 orang anak. Analisis data menggunakan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak dapat ditarik hubungan antar dua variabel dimana salah satuvariabel adalah usia gestasi, disebabkan data pada usia gestasi tidak memiliki sebaran yang proporsional(usia gestasi normal 83 responden (98.8%) sedangkan usia gestasi tidak normal 1 responden (1.2%)).Hubungan status gizi terhadap kemampuan motorik halus dengan nilai p = 1.000, status gizi terhadapmotorik kasar dengan nilai p = .231, hubungan status gizi dengan kemampuan bahasa dengan nilai p = .727dan hubungan status gizi terhadap kemampuan personal sosial, nilai p = 663, dimana keseluruhan hasil dariuji statistik didapatkan bahwa nilai p>0.05. Nilai p > 0.05 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antarvariabel
Copyrights © 2019