Journal of Islamic Civilization
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Islamic Civilization (October 2019)

Dakwahtaiment Televisi Lokal (Tinjauan Kritis Atas Komesialisasi Dakwah JTV Surabaya)

Alansori, Muhammad Zainudin (Unknown)
Zahidi, Salman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Dakwah adalah sebuah proses mempengaruhi, maka efektifitasnya perlu ditunjang dengan keberadaan media. Namun eksistensi media pada gilirannya seperti pisau bermata dua. Di satu sisi memberikan kemudahan dan keterjangkauan yang lebih luas, akan tetapi media juga berkonsekuensi pada potensi menjadikan agama sebagai bahan komoditas ekonomi. Dampak terakhir inilah yang akan diungkapkan dalam artikel ini. Dengan melakukan kajian lapangan melalui metode kualitatif, berhasil menemukan kesimpulan penting yaitu: 1) Proses dakwah yang dijalankan oleh JTV didesain dengan menggunakan beberapa instrument pendukung, seperti musik dan juga MC yang wajib memiliki selera humor tinggi. 2) fitur-fitur komersialisasi dakwah JTV antara lain; komodifikasi konten, audien, instrinsik dan ekstrinsik 3) Adapun faktor-faktor yang menjadi determinasi primer dalam melakukan proses hiburan program dakwah di JTV adalah; 1) menarik animo masyarakat, 2) menaikkan ratting and share, 3) memancing pihak iklan untuk mensosialisasikan produknya melalui siaran dakwah di JTV.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIC

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Journal of Islamic Civilization (JIC) dikelola oleh Pusat Pengembangan Masyarakat dan Peradaban Islam (PPMPI-UNUSA), dan diterbitkan oleh Unusa Press dengan nomor ISSN : 2567-1021 dan e-ISSN : 2567-1013. Fokus JIC adalah terkait dengan studi tentang masyarakat Islam yang terdiri dari studi Budaya ...