Abstrak. Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Keterampilan berbahasa ini berguna untuk menulis skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa dalam meraih gelar sarjana (magister dan atau doktor). Dalam penulisan skripsi, ejaan, dan kalimat yang digunakan merupakan kalimat yang baku dan efektif agar pembaca mudah memahami maksud penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menulis ejaan, peristilahan, dan kesalahan menulis kalimat pada skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brwijaya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatif dengan rancangan studi kasus untuk memperoleh deskripsi data. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kesalahan berbahasa yang paling banyak ditemukan, yaitu kesalahan ejaan yang digunakan oleh mahasiswa dalam skripsi. Kesalahan ejaan tersebut berupa pemakaian tanda baca sebanyak 52,03%, penulisan kata 39,53%, dan penulisan huruf 0,08%. Sedangkan kesalahan penulisan kalimat ditemukan pada aspek ketidaksepadanan struktur, ketidakhematan, ketidakcermatan, ketidakpaduan, ketidakparalelan, dan ketidaklogisan dalam kalimat.Kata kunci: Kesalahan kalimat, kesalahan ejaan, kalimat bakuAbstract. Writing is a skill that must be mastered by students. This language skill is useful for writing a thesis as a student's final project in obtaining a bachelor's degree (master and / or doctoral degree). In writing thesis, spelling, and sentences used are standard and effective sentences so that readers easily understand the intent of the author. This study aims to describe errors in spelling, terminology, and error writing sentences in the thesis of students of the Faculty of Cultural Sciences, University of Brwijaya. This study uses qualitative research with a case study design to obtain data descriptions. The results of this study revealed that the most common language errors were found, namely the spelling errors used by students in the thesis. The spelling errors were in the form of using punctuation as many as 52.03%, word writing 39.53%, and letter writing 0.08%. While writing errors found in aspects of structural incompatibility, imprecision, disobedience, non-alignment, incongruity, and irrationality in sentences.Keywords: Sentence errors, spelling errors, standard sentences
Copyrights © 2019