Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 2 No 1 (2017): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi

Perbedaan Metode Inkuiri dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA

Muhammad Andi Setiawan (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Iin Trisnawatie (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode inkuiri dengan metode demonstrasi di Kelas IV SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN-4 Pahandut Palangka Raya yang berjumlah 42 orang, karena sampel kurang dari 100 orang maka semua anggota populasi dijadikan sampel untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes awal dan tes akhir (pre test dan post test), sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan, bahwa untuk sampel penelitian pada kelas IVa (Eksperimen I) yang berjumlah 21 peserta didik diperoleh, rata-rata ( = 83,33, selanjutnya diperoleh hasil perhitungan untuk sampel penelitian pada kelas IVb (Eksperimen II) yang berjumlah 21 peserta didik dengan nilai rata-rata = 74,52. Hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri dan metode demonstrasi di kelas IV ternyata nilai t hitung = 2,841 lebih besar dari t tabel = 2,021 berarti ada perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode inkuiri dengan metode demonstrasi di Kelas IV SDN- 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bitnet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The publication of Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains seven ...