Jurnal Matematika UNAND
Vol 7, No 1 (2018)

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA RSUD DR. RASIDIN PADANG

Zulhazizah . (Unknown)
Ferra Yanuar (Unknown)
Riri Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2018

Abstract

Abstrak. Kualitas pelayanan yang baik dan kepuasan pasien merupakan salah satu tolakukur dari perkembangan pelayanan suatu rumah sakit, penelitian ini bertujuan untukmenganalisa tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan jasa dengan metodeCustomer Satisfaction Index (CSI), Analisis Kesenjangan (Gap Analysis), ImportancePerformance Analysis (IPA) dan Bagan Kendali T2Hotelling. Data yang digunakanpada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisionerkepada 125 pasien di RSUD Rasidin Padang. Penyebaran kuisioner dilakukan pada bulanDesember 2016. Kajian ini menghasilkan nilai CSI 85.78%, hal ini berarti secaraumum indeks kepuasan responden terhadap kualitas pelayanan berada dikriteria sangatpuas. Berdasarkan analisis kesenjangan, kebanyakan responden memberikan penilaianterhadap kinerja pelayanan pada RSUD masih berada dibawah kepentingan dari semuaindikator pelayanan yang ditanyakan. Berdasarkan metode IPA terdapat 10 indikatoryang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Berdasarkan Bagan Kendali THotelling padadata kinerja dan kepentingan menunjukan output bagan kendali belum terkendali karenaterdapat data yang out of control, sehingga dapat dikatakan persepsi responden terhadapkualitas pelayanan RSUD Dr. Rasidin Padang tidak seragam.Kata Kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), Analisis Kesenjangan (Gap Analysis),Kepuasan Responden, Importance Performance Analysis (IPA), Bagan Kendali THotelling22

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmua

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

Fokus dan Lingkup dari Jurnal Matematika FMIPA Unand meliputi topik-topik dalam Matematika sebagai berikut : Analisis dan Geometri Aljabar Matematika Terapan Matematika Kombinatorika Statistika dan Teori ...