Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI TANDUR

Sudaryo Sudaryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika materi perbandingan untuk pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual melalui strategi TANDUR pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Binangun Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VII G yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari dua jam pelajaran. Untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil belajar siswa maka setiap siklus diadakan evaluasi. Data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada saat sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil siswa pada tes awal adalah 60,71 dengan ketuntasan belajar 31,25%, sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I adalah 67,58 dengan ketuntasan belajar 56,25%, pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa menjadi 71,52 dengan ketuntasan belajar 78,13%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III adalah 75,52 dengan ketuntasan belajar 87,50%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...