Jurnal Menssana
Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana

Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Bidding Dan Playing Mini Bridge Siswa Sd Negeri 004 Rambah Samo

Debi Indah (STKIP Rokania)
Hendri Mulyadi (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2019

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo dengan penerapan metode drill. Metode yang digunakan penelitian eksperimen semu berupa memberikan perlakukan latihan drill yang dirangkum dalam program latihan dengan menggunakan modul pembelajaran mini bridge. Data penelitian dianalisa menggunakan t-tes pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan, nilai pretest kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa sebesar 53,75 meningkat menjadi nilai posttest sebesar 77,19 setelah memberikan perlakuan penerapan metode drill. Hasil analisa data diperoleh t hitung sebesar 18,486 sedangkan t tabel sebesar 1,753. Berarti, penerapan metode drill memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bidding dan playing mini bridge. Disimpulkan, terjadinya peningkatan perlakuan penerapan metode drill terhadap kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo yaitu sebesar 23,44%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga. ...