BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal
Vol 13, No 02 (2016)

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN UDANG VANNAMEI BAGI PETANI TAMBAK DI DESA NOREH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG

Mr Hidayatullah (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Didin Fatihudin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Siti Salbiyah (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2015

Abstract

ABSTRACT  Sreseh community utilize empty land to build new business that is shrimp farming, shrimp species selected to be cultivated namely vannamei shrimp (Litopenaeus vannamei). The purpose of this research is to know the system of capital management, marketing strategy and distribution channel of vannamei shrimp farm in Noreh Village, Sreseh Sub-District, Sampang Regency. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The conclusion of this research is that majority of farmers make capital loans to the collecting traders, either in the form of cash, production input or in the form of fries because the lending procedure is not convoluted.The results of this study states that the marketing channel I is selling to retailers because the partial shrimp vannamei shrimp had failed so it must be harvested and total revenue obtained by Rp.28.000.000 with a loss of Rp.8.500.000, marketing channel II uses its own capital and distributes directly to wholesalers or dealers with vannamei shrimp harvest earnings of Rp.71.500.000, while the marketing channel III uses loan capital to the collecting traders or middlemen and the vannamei shrimp harvest revenue is Rp.70.300.000 with net profit of Rp. 50.3 million after deducting capital lending.Farmers should work together to form a grup or a company engaged in vannamei shirmp farming sector in the form of provision of seeds, vitamin shirmp, feed and capital loans so that farmers are not tied to middlemen or merchant collectors and the result can be shared to farmers.Keywords : Marketing strategy, product, price, place, promotionCorrespondence to : hidayatullohebhenk@yahoo.com ABSTRAK  Masyarakat Sreseh memanfaatkan lahan kosong untuk membangun usaha baru yaitu budidaya tambak udang, spesies udang yang dipilih untuk dibudidayakan yaitu udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan modal, strategi pemasaran dan saluran distribusi hasil tambak udang vannamei di Desa Noreh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas petambak melakukan pinjaman modal kepada pedagang pengepul, baik berupa uang tunai, input produksi ataupun dalam bentuk benur karena prosedur peminjamannya tidak berbelit-belit.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa saluran pemasaran I yaitu menjual ke pedagang pengecer karena saat parsial udang vannamei mengalami kegagalan sehingga harus dipanen total dan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.28.000.000 dengan kerugian sebesar Rp.8.500.000, saluran pemasaran II menggunakan modal sendiri dan mendistribusikan langsung pada pedagang besar atau bandar dengan laba panen udang vannamei yang diperoleh sebesar Rp.71.500.000, sedangkan saluran pemasaran III menggunakan modal pinjaman kepada pedagang pengepul atau tengkulak dan pendapatan panen udang vannamei yang diperoleh sebesar Rp.70.300.000 dengan laba bersih sebesar Rp. 50.300.000 setelah dikurangi peminjaman modal.Sebaiknya petambak bekerja sama membentuk sebuah grup atau perusahaan yang bergerak di sektor usaha tambak udang vannamei berupa penyediaan benur, vitamin udang, pakan dan pinjaman modal sehingga petambak tidak terikat pada tengkulak atau pedagang pengepul dan hasil bisa dibagi kepada petambak.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, PromosiKorespondensi  : hidayatullohebhenk@yahoo.com

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

balance

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

BALANCE merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian dan artikel ilmiah tentang ekonomi, bisnis, manajemen dan ...