COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 4 (2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS III MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA HANDS ON PADA MATERI BANGUN DATAR

Soefianti, Evie Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis murid pada materi bangun datar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah 30 murid kelas III-A yaitu kelompok eksperimen dan 30 murid kelas III-B kelompok kontrol di SD Negeri Ciwaru Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Instrumen yang dipakai adalah tes tentang pemahaman matematis murid, tes tersebut dilakukan untuk mengumpulkan dan mengetahui pemahaman matematis murid di awal dan di akhir pembelajaran. Perlakuan yang disampaikan di kelas eksperimen adalah memakai model CTL berbantuan media hands on, adapun kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikansi a = 0,05 hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika pada materi bangun datar dengan memakai model CTL berbantuan media hands on bisa meningkatkan kemampuan pemahaman matematis murid secara signifikan daripada murid yang melakukan pembelajaran secara konvensional.Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), pemahaman matemais, media hands on.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...