Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis murid pada materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah 30 murid kelas III-A yaitu kelompok eksperimen dan 30 murid kelas III-B kelompok kontrol di SD Negeri Ciwaru Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Instrumen yang dipakai adalah tes tentang pemahaman matematis murid, tes tersebut dilakukan untuk mengumpulkan dan mengetahui pemahaman matematis murid di awal dan di akhir pembelajaran. Perlakuan yang disampaikan di kelas eksperimen adalah memakai model CTL berbantuan media hands on, adapun kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikansi a = 0,05 hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika pada materi bangun datar dengan memakai model CTL berbantuan media hands on bisa meningkatkan kemampuan pemahaman matematis murid secara signifikan daripada murid yang melakukan pembelajaran secara konvensional.Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), pemahaman matemais, media hands on.
Copyrights © 2019