COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 5 (2019)

Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa SD

dini afriani (Ikip siliwangi bandung)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan siswa dalam mengoperasikan aritmatika kebanyakan dari mereka kurang cepat dan tepat untuk membantu persoalan mengalikan angka. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan pembelajaran aritmatika menggunakan jari tangan.  Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan keterampilan berhitung perkalian dengan menggunakan metode drill dan jarimatika. Metode observasi yang dipakai adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam riset ini adalah semua peserta didik kelas III di SDN Margakaya 1 Karawang. Sampel yang dipilih yaitu tingkat III A sebagai grup eksperimen memakai metode jarimatika dan kelas III B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional (Drill)dengan total 60 orang siswa. Data nilai pretes, postes, dan N-Gain dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan tes perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 23. Hasil telaah data uji rata-rata dimana nilai signifikansi sebesar 0,059. Angka tersebut lebih besar α artinya terbukti metode jarimatika dapat meningkatkan keterampilan aritmatika dibandingkan metode drill.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...